Thursday, February 7, 2013

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Posted on 6:44 PM by Unknown

Bismillahirrohmanirrohiim...

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim mempunyai keutamaan yang besar, dalam Hadits yang shahih disebutkan bahwa barangsiapa yang menyantuni anak yatim maka kedudukannya  tinggi di surga, dan dekat dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, diisyaratkan seperti dekatnya jari tengah  dan jari telunjuk yang direnggangkan. Rasulullah bersabda:

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا » وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya [HR. Bukhori]

Adapun dalam menyantuni anak yatim adalah mengurusi dan memperhatikan seleuruh keperluan hidupnya seperi nafkah, makanan, dan pendidikan islam. Dan Anak yatim sendiri memiliki pengertian anak yang ditinggalkan oleh ayahnya sebelum ia menginjak usia dewasa. Dan keutamaan di atas berlaku jika ia menyantuni anak yatim dengan harta dia sendiri atau harta anak itu atas dasar kepercayaan.

Dan keutamaan di atas berlaku tidak mengecualikan apakah yang menyantuni anak yatim tersebut memiliki ikatan keluarga atau tidak dengan anak yatim itu. Disini SahabatYatim.org hadir sebagai wadah berkumpulnya anak yatim, dan sebagai Rumah Anak Yatim. Semoga kita dimudahkan dalam menyantuni anak yatim.

No Response to "Keutamaan Menyantuni Anak Yatim"

Leave A Reply