Friday, March 1, 2013

Sedekah Yang Benar Menurut Islam

Posted on 9:07 PM by Unknown

Sedekah berasar dari bahasa Arab adalah shodaqoh berarti sebuah pemberian seorang muslim kepada orang lain dengan cara spontan, senang hati dan sukarela tidak dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah tidak selalu berupa uang atau harta. Bahkan perbuatan baik seperti membahagiakan atau menyenangkan orang lain dengan memberikan senyuman juga merupakan sebuah sedekah.

Orang yang bertakwa, selain ia selalu memohon ampun dosa kepada Allah, memaafkan kesalahan orang lain, menahan amarahnya juga akan selalu berusaha melakukan sedekah dalam keadaan suka maupun susah.

Sedekah yang lebih diutamakan adalah kepada kerabat dekat terlebih dahulu, setelah kepada orang-orang terdekat lainnya seperti sahabat atau tetangga terdekat. apabila bersedekah dalam berupa  sebuah barang sebaiknya masih dalam kondisi yang baik. Pahala sedekah akan hilang apabila sedekah itu disebut-sebut atau orang yang memberi sedekah menyakiti hati pada penerima sedekah itu.

Manfaat dari sedekah, bila dilakukan dengan ikhlas, semata-mata hanya pada Allah, bukan karena hal lain seperti ingin mendapat pujian atau apapun lainnya, maka akan dibalas oleh Allah. Dan alasan sedekah dari Allah bukan hanya pahala, tapi juga banyak rezeki.

Sedekah boleh ditunjukkan pada orang lain, agar menjadi contoh yang baik namun tidak untuk menyombongkan diri. Tapi bila ada kesempatan, rajin memberikan sedekah tanpa diketahui orang lain akan dibalas oleh Allah yaitu diberi naungan saat setelah hari kiamat.

Sekian, review artikel tentang sedekah yang benar menurut islam, untuk membaca artikel lebih lengkapnya, silahkan langsung saja ke  ---> "Sedekah Yang Benar Menurut Islam"

No Response to "Sedekah Yang Benar Menurut Islam"

Leave A Reply