Wednesday, May 15, 2013

Presiden Sibuk, Pelantikan Menkeu Tertunda

Posted on 11:19 PM by Unknown

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian yang juga pelaksana tugas Menteri Keuangan, Hatta Rajasa, menyatakan pelantikan Menteri Keuangan tertunda karena kesibukan Presiden. "Presiden itu luar biasa sibuknya, jangan dilihat dari sisi lain," ujarnya seusai rapat koordinasi di Kementerian Keuangan kemarin. "Pokoknya, (pelantikan) dalam waktu dekat," dia menambahkan.

Senin lalu, Hatta mengatakan Presiden akan mengumumkan Menteri Keuangan definitif pada Selasa, 14 Mei 2013. Calon kuat untuk menduduki posisi tersebut adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Muhammad Chatib Basri.

Ditanya apakah pelantikan Menteri Keuangan bersamaan dengan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang akan digelar pekan depan, Hatta mengaku tidak tahu. "Ini lain. Kasad kan bukan anggota kabinet."

Hatta sendiri berharap pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan bakal dilakukan oleh Menteri Keuangan baru.

Chatib Basri, yang juga hadir dalam rapat koordinasi, enggan berkomentar soal pengangkatan dirinya sebagai Menteri Keuangan. Dia mengatakan, kedatangannya ke Kementerian untuk membahas pemotongan anggaran. "Semua kementerian datang," ujarnya.

Pihak Istana hingga kemarin belum bisa memastikan kapan pelantikan Menteri Keuangan dilakukan. "Pengumuman dan pelantikan Menkeu baru akan direncanakan pada saat yang tepat," kata juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, kepada Tempo kemarin.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah, menyatakan hal yang sama. "Saya belum bisa sampaikan. Namun pada waktunya akan diumumkan oleh Presiden," ujarnya. ALI NY | ANGGA SUKMA WIJAYA

No Response to "Presiden Sibuk, Pelantikan Menkeu Tertunda"

Leave A Reply