Tuesday, May 28, 2013

Perbankan Diminta Genjot Penyaluran Dana Murah

Posted on 12:06 AM by Unknown

JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Agus Eko Nugroho, mengatakan perbankan harus mendorong penyaluran dana pihak ketiga, khususnya dana murah, agar fungsi intermediasi berjalan. Sumber dana murah tersebut berasal dari nasabah kelas menengah dan atas.

Menurut Agus, nasabah kelas ini paling kecil terkena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak pada bulan depan. "Tapi masyarakat kelas bawah, selain akan terbebani BBM, akan menghitung-hitung penempatan dana mereka di perbankan," ujarnya kemarin.

Salah satu bank yang menggenjot perolehan dana murah adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Direktur Consumer Banking Bank Danamon, Michellina Triwardhany, menyatakan salah satu bentuk dana murah yang tengah digenjot adalah kartu kerdit bisnis sebagai fitur komplementer program tabungan premium.

Sepanjang kuartal pertama tahun ini, Bank Danamon meraup dana murah (CASA) yang berasal dari giro, tabungan, dan kartu kredit dengan nilai hingga Rp 42 triliun. Kinerja yang tergolong baik membuat perusahaan ini menargetkan CASA bisa tumbuh lebih cepat daripada yang dicatat oleh industri perbankan.

Head of Marketing Retail Banking Bank Danamon, Djomingin Budiono, menuturkan, pertumbuhan CASA dalam industri perbankan berkisar 20 persen. Pada kuartal I tahun ini, komposisi dana pihak ketiga terdiri atas 44 persen untuk CASA dan 56 persen untuk deposito. "Sampai akhir tahun bisa mendekati angka 46 persen untuk CASA," ucapnya.

Adapun PT Bank Negara Indonesia Tbk mencatat pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 21,3 persen, dari Rp 220,87 triliun menjadi Rp 242,93 triliun sepanjang kuartal pertama tahun ini. Dari dana pihak ketiga itu, dana murah berupa tabungan dan giro tumbuh 22,1 persen menjadi Rp 29,22 triliun.

"Hal ini menjadikan komposisi CASA terhadap total DPK meningkat dari 60 persen pada kuartal pertama tahun lalu menjadi 66,5 persen pada kuartal pertama tahun ini," ujar Direktur Utama BNI, Gatot M. Suwondo, beberapa waktu lalu.LINDA TRIANITA | MARTHA THERTINA

No Response to "Perbankan Diminta Genjot Penyaluran Dana Murah"

Leave A Reply