Thursday, June 20, 2013

Kementerian PU Kekurangan Anggaran

Posted on 12:12 AM by Unknown

Karena itu, Djoko mengatakan akan mengubah sebagian target yang tidak mungkin tercapai karena kekurangan anggaran. Proyek-proyek yang dialokasikan pada 2014 ada kemungkinan tidak akan terlaksana seluruhnya. "Namun kami akan tetap memaksimalkan anggaran," ujarnya.


Djoko akan mengusulkan kembali sejumlah proyek yang mendesak untuk dimasukkan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014. Selain itu, pengurangan anggaran secara merata di semua bidang dan lembaga di bawah kementerian. Namun proyek pokok seperti pemulihan jalan nasional hingga 94 persen pada akhir 2014 akan diutamakan. "Hal ini penting untuk meningkatkan konektivitas dan kelancaran arus barang dan orang," tuturnya.


Sebelumnya, Kementerian Keuangan memangkas anggaran tujuh kementerian, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, serta Kementerian Dalam Negeri. Total anggaran yang dipotong sebesar Rp 24,6 triliun dari anggaran non-pendamping, non-operasional, dan non-anggaran pendidikan. Kementerian Pekerjaan Umum terkena pemangkasan terbesar, yakni sebesar Rp 3,8 triliun.


Direktur Jenderal Cipta Karya, Imam Santoso Ernawi, mengatakan akan mempercepat pembangunan permukiman serta mewujudkan target akses aman air minum hingga 67 persen pada akhir 2014. Selain itu, akan dibangun akses sanitasi pada 506 kawasan dan 93 kabupaten/kota. Sedangkan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air akan membangun irigasi seluas 38.900 hektare, merehabilitasi 228.400 hektare jaringan irigasi, serta mereklamasi rawa dan tambak seluas 127.310 hektare. TIKA PRIMANDARI

No Response to "Kementerian PU Kekurangan Anggaran"

Leave A Reply