Sunday, June 9, 2013

Pembentukan Modal Melambat

Posted on 8:58 PM by Unknown

Menurut Lana, perlambatan pertumbuhan PMTB sebenarnya sudah mulai terlihat sejak akhir kuartal tahun lalu dan berlanjut hingga kuartal I 2013. Hal inilah yang membuat pertumbuhan ekonomi tahun ini melambat. Perlambatan tidak hanya terjadi pada konsumsi dalam negeri, namun juga pada beberapa sektor seperti konstruksi dan perdagangan.

Dia menjelaskan, sejak dua tahun terakhir, kontribusi PMTB terhadap pertumbuhan ekonomi sangat rendah. Pada kuartal pertama 2011, kontribusi PMTB terhadap pertumbuhan ekonomi mencapai 2 persen dan tahun 2012 mencapai 2,4 persen. "Sedangkan kuartal pertama tahun ini hanya 1,44 persen."


Karena itu, pemerintah pasti sulit untuk mencapai target pertumbuhan sesuai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013 yang sebesar 6,3 persen. "Sekarang orang melihat range pertumbuhan ekonomi Indonesia 6-6,2 persen. Jadi sangat sulit. Apalagi impor barang modal juga menurun," kata dia.

Akhir pekan lalu, Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri menyatakan bahwa PMTB tahun ini diperkirakan hanya mencapai 6-7 persen. Angka ini jauh lebih rendah daripada target APBN 2013 yang mencapai 11,9 persen. Menurut dia, kecenderungan perlambatan investasi sudah terlihat sejak kuartal pertama 2013.

"Impor barang modal mengalami penurunan. Jadi investasinya diperkirakan pada range 6-7 persen, lebih rendah daripada perkiraan awal," kata Chatib di kantor Kementerian Keuangan, Jumat lalu.

PMTB pada tahun ini memang terlihat melambat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada kuartal pertama tahun ini, pertumbuhan PMTB hanya berada di angka 5,9 persen. Sedangkan jika dilihat pada kuartal pertama tahun lalu, pertumbuhan mencapai 10 persen, meningkat di kuartal dua 2012 menjadi 12,5 persen, kuartal tiga 9,8 persen, dan kuartal empat 7,3 persen.ANGGA SUKMA WIJAYA

No Response to "Pembentukan Modal Melambat"

Leave A Reply