Monday, June 10, 2013

Telkom-CT Corp Belum Sepakati Jumlah Saham

Posted on 8:46 PM by Unknown

Telkom menunjuk Morgan Stanley sebagai penasihat keuangan atas rencana transaksi jual-beli tersebut. Namun Arif tidak merinci berapa penawaran jumlah saham yang ditawarkan Telkom dan target dana yang diperoleh dari penjualan anak usaha tersebut.

Kantor berita Reuters sebelumnya melansir bahwa pengusaha Chairul Tanjung (CT) sebagai pemilik CT Corp akan mengambil alih perusahaan televisi berbayar milik Telkom, yakni PT Indonusa Telemedia (TelkomVision). Nilai transaksi diperkirakan mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada, menilai akuisisi tersebut akan meningkatkan value CT Corp. Bisnis media CT Corp akan semakin besar dan value-nya meningkat. Apalagi jika CT Corp menjadi pemegang saham mayoritas TelkomVision. "Akan memiliki kewenangan lebih," kata dia.


Reza menilai ada pertimbangan tersendiri bagi Telkom melepas sahamnya di TelkomVision. Telkom diperkirakan akan lebih berfokus pada bisnis telekomunikasi seluler. Adapun TelkomVision, setelah diakuisisi CT Corp, nantinya memiliki daya saing tinggi di bisnis televisi berbayar. "Karena akan ada tambahan modal yang masuk," ucap dia.

Sebelumnya CT Corp, melalui Trans Media, telah membeli 100 persen saham PT Agranet Multicitra Siberkom yang merupakan pengelola detik.com dengan nilai akuisisi mencapai US$ 60 juta. Selain media online, Trans Media memiliki dua perusahaan yang bergerak di bidang media televisi, yakni Trans7 dan Trans TV.

Direktur Utama Telkom Arief Yahya juga telah membenarkan bahwa perseroan saat ini menjalin kemitraan dengan CT Corp untuk mengembangkan TelkomVision. "Dalam rangka memperkuat posisi TelkomVision dalam industri televisi berbayar di Indonesia," kata dia. Menurut Arief, kerja sama itu dapat memberi niai tambah lebih bagi TelkomVision.

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengungkapkan bahwa TelkomVision memiliki posisi yang unik dan berpotensi berkembang lebih baik ke depan. "Di dalam kemitraan ini, Telkom akan bertindak sebagai penyedia infrastruktur, sedangkan CT Corp sebagai penyedia konten," kata dia.ANANDA PUTRI | ABDUL MALIK

No Response to "Telkom-CT Corp Belum Sepakati Jumlah Saham"

Leave A Reply